Selasa, 28 Agustus 2018

10 Manfaat KB

10 Manfaat Pengendalian Kelahiran Lebih dari Mencegah Kehamilan

Kontrol kelahiran hormonal adalah penyelamat bagi banyak wanita yang mencoba untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Tentu saja, metode nonhormonal juga memiliki manfaatnya. Tetapi pengendalian kelahiran hormonal, termasuk pil, beberapa IUD, implan, dan tambalan, menawarkan berbagai manfaat di luar pencegahan kehamilan.

1. Ini mengatur siklus menstruasi

Metode pengendalian kelahiran hormonal dapat menyeimbangkan fluktuasi hormonal yang terjadi di seluruh siklus Anda. Ini dapat membantu dengan berbagai masalah menstruasi, termasuk pendarahan yang tidak teratur atau berat. Ia bahkan dapat membantu dengan sindrom polikistik ovarium (PCOS), termasuk jerawat dan rambut berlebih. Pelajari lebih lanjut tentang pengendalian kelahiran terbaik untuk PCOS.

Sementara berbagai metode pengendalian kelahiran bekerja secara berbeda, sebagian besar dapat membuat periode lebih terang dan lebih konsisten dalam waktu mereka.

2. Ini membuat menstruasi menjadi kurang menyakitkan

Sekitar 31 persen wanita yang menggunakan pil KB mengutip nyeri haid sebagai salah satu alasan mereka terus mengambilnya. Kontrol kelahiran hormonal mencegah ovulasi. Ketika Anda tidak berovulasi, rahim Anda tidak mengalami kontraksi menyakitkan yang menyebabkan kram selama ovulasi.

Jika Anda mengalami masa-masa yang menyakitkan, pengendalian kelahiran hormonal juga dapat memberikan beberapa bantuan untuk rasa sakit selama menstruasi.

3. Dapat mengusir jerawat hormonal

Fluktuasi hormon sering menjadi pemicu utama jerawat. Itu sebabnya jerawat biasanya paling parah selama masa remaja. Dengan meminimalkan fluktuasi ini, pengendalian kelahiran hormonal dapat membantu menjinakkan jerawat hormonal.

Pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron (dikenal sebagai pil kombinasi) adalah pejuang jerawat paling efektif.

4. Ini mengurangi risiko kanker rahim

Hormon KB juga memiliki beberapa manfaat jangka panjang. Wanita yang mengambil pil KB kombinasi adalah 50 persen lebih kecil untuk mendapatkan kanker rahim. Efek ini bisa bertahan hingga 20 tahun setelah Anda berhenti minum pil.

Itu juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

5. Ini mengurangi risiko kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang terbentuk di ovarium Anda selama ovulasi. Mereka tidak berbahaya, tetapi terkadang menyakitkan. Wanita dengan PCOS sering memiliki sejumlah besar kista kecil di indung telur mereka. Dengan mencegah ovulasi, pengendalian kelahiran hormonal dapat mencegah kista ini terbentuk. Mereka juga dapat menghentikan kista lama dari tumbuh kembali.

6. Dapat meredakan gejala PMS dan PMDD

Banyak wanita mengalami beberapa campuran gejala fisik atau emosi dalam beberapa minggu atau hari menjelang periode mereka. Ini dikenal sebagai sindrom pramenstruasi (PMS). Seperti kebanyakan masalah menstruasi lainnya, PMS biasanya disebabkan oleh fluktuasi hormonal.

Hormon KB juga merupakan pengobatan potensial untuk gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD). Ini adalah jenis PMS parah yang cenderung melibatkan lebih banyak gejala emosional atau psikologis. Seringkali sulit untuk diobati. Tetapi pil kombinasi yang mengandung drospirenone dan ethinyl estradiol (Yaz) disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk mengobati PMDD. Ini satu-satunya pil KB untuk menerima persetujuan FDA untuk tujuan ini.

Hanya perlu diingat bahwa para ahli masih mencoba untuk sepenuhnya mengungkap semua penyebab PMS dan PMDD. Menambah ini, metode kontrasepsi yang berbeda memiliki dosis dan kombinasi hormon yang berbeda. Anda mungkin perlu mencoba beberapa pilihan sebelum Anda menemukan salah satu yang sesuai untuk gejala Anda.

7. Ini membantu untuk mengelola endometriosis

Endometriosis adalah kondisi menyakitkan yang terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim Anda, yang disebut endometrium, tumbuh di tempat-tempat selain di dalam rahim Anda. Jaringan ini mengalami pendarahan selama periode Anda, di mana pun lokasinya. Ketika jaringan meluruh di tempat-tempat di mana darah tidak dapat keluar dengan mudah dari tubuh Anda, itu menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Metode pengendalian kelahiran hormonal membantu karena mereka memungkinkan Anda melewati periode. Pil kontrasepsi terus menerus dan IUD biasanya pilihan yang baik untuk mengelola endometriosis.

8. Dapat membantu dengan migrain menstruasi

Migren adalah jenis sakit kepala hebat yang mempengaruhi hampir 30 juta orang Amerika - 75 persen dari mereka adalah wanita. Ini sebagian karena perubahan hormon adalah pemicu utama migrain pada beberapa orang.

Para ahli berpikir migrain menstruasi terkait dengan penurunan estrogen dan progesteron sesaat sebelum periode Anda dimulai. Metode kontrasepsi hormonal yang memungkinkan Anda melewati periode Anda, seperti pil, implant, atau IUD berkelanjutan, dapat membantu untuk menghindari penurunan ini.

9. Ini memberi Anda kebebasan untuk mengeluarkan darah dengan syarat Anda sendiri

Bagi kebanyakan wanita yang menstruasi, pendarahan hanyalah fakta kehidupan. Tetapi itu tidak harus terjadi. Kebanyakan paket pil KB datang dengan satu minggu pil plasebo yang tidak mengandung hormon apa pun. Mereka ada di sana untuk membuat Anda terbiasa minum pil setiap hari. Biasanya, Anda akan mendapatkan menstruasi saat mengambil pil plasebo ini.

Jika Anda memiliki liburan besar atau acara lain yang akan datang selama minggu itu, lewati pil plasebo. Sebagai gantinya, mulailah paket baru. Metode ini bekerja paling baik jika Anda minum pil KB monophasic, yang semuanya mengandung dosis hormon yang sama. Baca lebih lanjut tentang melewatkan minggu terakhir pil KB dalam paket.

Metode lain, seperti IUD, cincin, dan tambalan, dapat membantu Anda melewati periode Anda sama sekali.

10. Dapat mengurangi risiko anemia

Beberapa wanita mengalami pendarahan yang sangat berat selama menstruasi mereka. Ini dapat meningkatkan risiko anemia. Orang dengan anemia tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh mereka, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Metode kontrasepsi hormonal yang memungkinkan Anda melewati periode menstruasi dapat membantu mencegah anemia terkait periode.
Apa hasil tangkapannya?

Kontrol kelahiran hormonal tidak untuk semua orang. Jika Anda merokok dan berusia di atas 35 tahun, itu dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, beberapa jenis pengendalian kelahiran hormonal, seperti pil kombinasi dan patch, dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi, bahkan pada orang yang tidak merokok.

Bagi sebagian orang, pengendalian kelahiran hormonal juga dapat menyebabkan berbagai gejala fisik dan emosi, mulai dari nyeri sendi hingga psikosis. Ketika memilih opsi kontrol kelahiran, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang efek samping apa pun yang Anda alami dengan metode lain yang telah Anda coba.

Kontrol kelahiran hormonal juga tidak melindungi terhadap infeksi menular seksual. Kecuali Anda memiliki mitra jangka panjang dan Anda berdua telah diuji, pastikan untuk menggunakan kondom atau penghalang pelindung lainnya selama aktivitas seksual.

Dokter Anda dapat membantu Anda menimbang manfaat dan risiko dari setiap metode untuk menentukan apa yang terbaik bagi Anda. Tempat tidur, organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, juga memiliki alat yang memungkinkan Anda menemukan penyedia KB gratis atau berbiaya rendah di wilayah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar