Selasa, 28 Agustus 2018

KB Implantasi

Alat kontrasepsi

Implan kontrasepsi adalah jenis kontrasepsi hormonal. Di Amerika Serikat, dijual dengan nama merek Nexplanon. Itu sebelumnya tersedia dengan nama Implanon. Ini melepaskan hormon progestin ke dalam tubuh untuk mencegah kehamilan.

Implan itu sendiri adalah batang plastik yang sangat kecil seukuran batang korek api. Seorang dokter memasukkannya ke lengan atas, tepat di bawah kulit. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tingkat kegagalan penggunaan tipikal adalah 0,05 persen. The Guttmacher Institute melaporkan bahwa hampir setengah juta wanita menggunakan implan kontrasepsi.

Bagaimana cara kerja alat kontrasepsi?

Implan perlahan melepaskan hormon progestin yang disebut etonogestrel ke dalam tubuh. Progestin mencegah kehamilan dengan menghalangi pelepasan telur dari indung telur. Ini juga mengentalkan lendir serviks untuk mencegah sperma memasuki uterus.

Jika Anda mendapatkan implan selama lima hari pertama menstruasi Anda, itu segera efektif melawan kehamilan. Jika implan dimasukkan pada titik lain, Anda harus menggunakan bentuk pencatatan kelahiran selama tujuh hari.

Apakah ada efek samping untuk implan kontrasepsi?

Beberapa orang mengalami efek samping dari implan, tetapi banyak orang tidak. Pendarahan menstruasi yang tidak teratur adalah efek samping yang paling umum. Periode juga bisa menjadi lebih ringan, lebih berat, atau berhenti sama sekali. Efek samping lain dapat termasuk:

    sakit kepala
    nyeri payudara
    mual
    penambahan berat badan
    kista ovarium
    infeksi tempat implan dimasukkan

Efek samping biasanya hilang setelah beberapa bulan dan jarang serius.

Bagaimana cara menggunakan implan kontrasepsi?

Anda harus menemui dokter untuk mendapatkan implan. Setelah melakukan pemeriksaan fisik, mereka akan memasukkan implan di bawah kulit lengan atas Anda. Itu bisa bertahan hingga tiga tahun. Pemasangan implant hanya membutuhkan beberapa menit. Mereka selesai dengan anestesi lokal, yang membuat prosedur tidak menimbulkan rasa sakit.

Setelah penyisipan, Anda akan dikirim pulang dengan perban kecil yang menutupi situs penyisipan. Anda juga mungkin diberikan perban tekanan yang dapat Anda keluarkan setelah 24 jam. Beberapa memar, jaringan parut, nyeri, atau perdarahan di tempat penyisipan dapat terjadi setelah prosedur.

Implan kontrasepsi akan berhenti bekerja setelah tiga tahun.

Bagaimana cara pemasangan implan kontrasepsi?

Implan harus dihapus setelah tiga tahun. Mereka juga dapat dihapus lebih awal jika Anda mau. Anda perlu membuat janji dengan dokter agar implan dilepas.

Untuk mengangkat implan, dokter Anda akan mematikan lengan Anda terlebih dahulu. Kemudian mereka akan membuat sayatan kecil di mana implan berada dan mengambil implan. Pada saat itu, implan lain dapat dimasukkan. Jika Anda memilih untuk tidak mendapatkan implan baru, Anda harus menggunakan bentuk kontrasepsi lain untuk mencegah kehamilan.

Apa manfaat implan kontrasepsi?

Salah satu alasan implan KB sangat efektif adalah mudah digunakan. Keuntungan termasuk:

    salah satu tingkat efektivitas tertinggi dari semua alat kontrasepsi
    tidak perlu khawatir tentang pengendalian kelahiran selama tiga tahun
    kesuburan kembali segera setelah implan dilepas
    cocok untuk wanita yang tidak dapat menggunakan kontrol kelahiran yang mengandung estrogen

Apa kerugian dari implan kontrasepsi?

Implan kontrasepsi memang memiliki beberapa kelemahan, termasuk:

    tidak ada perlindungan terhadap infeksi menular seksual (IMS)
    biaya di muka yang tinggi jika tidak ditanggung oleh asuransi
    insersi membutuhkan kunjungan dokter
    perangkat harus dihapus setelah tiga tahun

Meski jarang, implan kadang bermigrasi dari tempat awal implantasi. Ini dapat membuat implan sulit bagi dokter untuk menemukan dan menghapus.

Bagaimana cara membandingkannya dengan opsi pengendalian kelahiran long-acting lainnya?

Implan kontrasepsi bukan satu-satunya jenis kontrol kelahiran yang dapat berbalik yang berfungsi untuk waktu yang lama. Pilihan kontrol kelahiran jangka panjang lainnya termasuk:

    perangkat intrauterine tembaga (IUD), seperti ParaGard
    IUD hormonal (progestin), seperti Mirena atau Skyla
    Tembakan Depo-Provera

Semua metode ini sangat efektif. Anda tidak perlu memikirkan tentang pengendalian kelahiran setiap hari - atau bahkan bulanan - dengan salah satu opsi ini. Namun, tidak satu pun dari metode ini melindungi terhadap IMS.

Perbedaan terbesar di antara metode ini adalah berapa lama mereka efektif. Tembakan Depo-Provera harus diberikan setiap tiga bulan. Implan kontrasepsi bekerja selama tiga tahun. IUD Hormonal efektif selama tiga hingga lima tahun, tergantung pada merek. IUD tembaga dapat efektif hingga 10 tahun.

Efek samping serupa untuk semua metode ini. Pendarahan tidak teratur atau perubahan periode Anda adalah efek samping yang paling umum untuk masing-masing. IUD tembaga mungkin memiliki lebih sedikit efek samping dibandingkan pilihan lain karena mereka tidak mengandung hormon.

Keempat metode tersebut membutuhkan perjalanan ke dokter untuk memasukkan atau menyuntikkan. Dalam kasus implan dan IUD, kunjungan dokter untuk menghilangkan juga diperlukan.
Implant Non-hormonal (tembaga) IUD Hormonal (progestin) IUD Depo-Provera
Juga dikenal sebagai Nexplanon, Implanon ParaGard Mirena, Skyla n / a
Efektif hingga: 3 tahun 10 tahun 3-5 tahun 3 bulan
Tingkat kegagalan (per CDC) .05% .8%, 2% 6%
Efek samping yang penting Pendarahan tidak teratur Perubahan pada menstruasi Anda Perdarahan tidak teratur Perubahan periode Anda
Memerlukan kunjungan dokter untuk dimasukkan atau disuntik Ya Ya Ya Ya
Memerlukan kunjungan dokter untuk penghapusan Ya Ya Ya Tidak
Berapa biaya implan kontrasepsi?

Menurut situs Planned Parenthood, implan kontrasepsi dapat berharga antara $ 0 dan $ 1300, tetapi sering kali dicakup secara gratis di bawah paket asuransi kesehatan.

Pencabutan implan dapat memakan biaya hingga $ 300, tetapi itu juga dapat ditutupi secara gratis di bawah rencana asuransi kesehatan. Harga dapat berubah secara tidak terduga, jadi jika Anda memiliki pertanyaan, sebaiknya tanyakan sebelum kunjungan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar